Memperbaiki Komputer dan Laptop Yang Error

Memperbaiki Komputer dan Laptop Yang Error

Cara Memperbaiki Komputer dan Laptop Yang Error, Kalian Tidak Perlu Ke Service Center

Kalian patut mencoba memperbaiki komputer dan laptop yang error sebelum kalian membawa langsung ke service centernya. Simak lebih dulu artikel dibawah ini.

Sebenarnya apa yang terjadi dengan komputer kalian? Mengapa mendadak berhenti pada saat sedang dalam proses booting atau setiap beberapa jam sekali mati saat akan dinyalakan?

Ketika komputer kalian tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Mungkin bisa jadi ada sebuah masalah pada bagian kabel pengisi daya atau mouse kamu tidak terpasang dengan benar.

Namun yang lebih parahnya lagi, kalian malah menumpahkan air atau cairan di atas keyboard laptop kalian.

Kami sangat yakin kebanyakan dari kalian akan langsung menghubungi ahli atau mendatangi pusat servis komputer yang terkadang memakan biaya cukup besar.

Namun sayangnya tidak jarang juga ada pihak yang akan memperbaiki justru berlaku curang. Dengan cara meminta kalian untuk mengganti perangkat lain yang harusnya tidak rusak dengan harganya yang mahal.

Mending kalian coba cara ini terlebih dahulu untuk mengatasi beragam permasalahan yang ada pada komputermu.

 Cara Memperbaiki Komputer dan Laptop Error

1. Cek Kabel Power

Banyak sekali faktor yang dapat memicu sebuah komputer tidak bisa melakukan proses booting dengan benar. Bisa saja hal ini disebabkan karena ada masalah dengan sistem operasi, hard drive ataupun motherboard.

Tapi, jika kamu sudah mengecek ketiga hal tersebut dan tidak ditemukan adanya masalah. Maka cobalah kalian cek kabel power di komputer yang menghubungkan PSU dengan pusat listrik kalian.

Bisa jadi kabel yang sedang digunakan tidak dalam kondisi yang baik akibat sekering meledak. Cukup ganti saja kabel power dan komputer dapat berfungsi kembali.

2. Komputer Lambat atau Lemot

Salah satu keluhan paling sering ditemukan adalah soal kinerja dari laptop atau komputer kalian yang lambat.

Kebanyakan orang pasti akan langsung menyalahkan kondisi hard drive yang perlu di-defrag atau prosesor yang lambat. Namun, jika yang sedang kamu menggunakan merupakan komputer yang sudah berumur lebih dari 5 tahun.

Maka inilah masalah yang akan ditumbulkan dikarenakan efek pada umur sehingga sudah tidak mampu untuk beroperasi secara normal.

Tetapi pada banyak kasus, CPU juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab komputer kamu bekerja lambat karena kekurangan RAM.

Bila hal ini sampai terjadi, segera melakukan upgrade memori RAM kalian. Sebelum kalian membeli ada baiknya pastikan dahulu, kamu sudah mengetahui jenis RAM apa yang cocok untuk motherboard di komputer.

3. Laptop Terkena Tumpahan Air

Kalian tidak sengaja menumpahkan kopi ke laptop atau dekstop pada saat jam 8 pagi ketika kalian ingin bekerja? pastinya sudah tidak kebayangkan betapa pusingnya kalian harus segera menyelesaikan masalah ini. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan.

Pertama, kalian harus lepas kabel power dan segera matikan komputer atau laptop. Gunakan handuk untuk menyerap air dengan hanya menekan lembut atau letakkan saja, jangan dilap karena dapat membuat air tersebar.

Lalu, lepas baterai dengan mengusahakan posisi perangkat dalam keadaan horizontal. Selanjutnya, fokus untuk mengeringkan dengan menggunakan hairdryer atau pengering udara (air dryer).

Untuk mencegah kerusakan, setelah mengeringkan air segera kondisikan perangkat dalam keadaan V sehingga tetesan air dapat mengalir. Atau gunakan beras untuk menyerap air.

Lakukan proses ini dalam waktu 24 sampai 36 jam. Kemungkinan besar, kerusakan yang terjadi hanya di keyboard saja.

4. HDD Rusak

Data yang korup atau komputer kalian selalu mengalami freeze itu merupakan sebuah indikasi jika HDD kamu telah rusak.

Kalau hal tersebut terjadi, kamu dapat menggantinya sendiri atau terlebih dahulu memeriksa kabel penghubung HDD. Bisa jadi masalah terletak di kabel.

Jika memori HDD telah penuh, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengganti drive CD-ROM/DVD di komputer menjadi HDD kedua kamu.

Dengan begitu, komputer akan memiliki penyimpanan data yang cukup sehingga dapat bekerja dengan baik.

5. Komputer Atau Laptop Overheating

Jeleknya saluran udara pada perangkat bisa jadi alasan mengapa komputer atau laptop kamu sering mengalami overheating. Kamu dapat memasang fan eksternal di komputer untuk membantu fan internal mendinginkan prosesor.

Jika motherboard dan drive kamu mendukung SATA, maka lebih baik lagi karena kabelnya yang lebih tipis dapat membuat proses pendinginan udara dapat efisien.

Bila masih mengandalkan perangkat keras IDE/PATA, segeralah beralih ke tipe yang menggunakan kabel tubular daripada paralel karena penggunan kabelnya banyak.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi beragam permasalahan pada komputermu. Bagaimana menurut kamu? Apakah cara tersebut efektif? Silakan bagikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya!

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.