Cara Membuat Footnote Di Microsoft Word

Cara Membuat Footnote Di Microsoft Word

Cara Mudah Untuk Membuat Footnote Di Microsoft Word

Kalian masih belum paham bagaimana cara membuat catatan kaki atau footnote? Kami akan mengajari cara membuat footnote di Microsoft Word versi berapapun.

Ketika kalian sedang membuat tugas, makalah, ataupun skripsi maka footnote pasti akan dianggap sebagai komponen yang paling vital.

Footnote atau catatan kaki merupakan sebuh daftar catatan atau keterangan tambahan yang disertakan di bagian bawah halaman. Umumnya, footnote memberikan keterangan yang akan menjelaskan sumber kutipan yang digunakan.

Yang menjadi sebuah pertanyaan, apakah kalian sudah bisa membuat footnote di Microsoft Word? Jika kalian masih bingung cara membuatnya, maka kami akan membagikan langkah-langkah untuk membuat footnote dibawah ini.

1. Cara Membuat Footnote Secara Langsung Pada Halaman Microsoft Word

Yang harus kalian lakukan adalah melakukan klik dua kali pada bagian bawah halaman Microsoft Word. Maka secara otomatis halaman kamu akan berubah ke mode footnote.

2. Cara Membuat Footnote Secara Langsung Dengan Menggunakan Alt + Ctrl + F

Cara cepat yang kedua yaitu dengan cara menekan (Alt + Ctrl + F) yang pada keyboard PC atau laptop kamu secara bersamaan. Maka kamu akan langsung bisa langsung membuat footnote pada Microsoft Word.

Cara Membuat Footnote Di Microsoft Word

3. Cara Membuat Footnote Dengan Melalui Menu Bar

Cara terakhir, kamu bisa membuat footnote dengan melalui menu References. Sebenarnya tidak akan terlalu sulit hanya saja memang akan sedikit ribet karena menunya agak tersembunyi pada menu bar. Berikut ini merupakan  langkah-langkah untuk membuat footnote.

  • Buka dokumen atau file Microsoft Word yang mau kalian kasih footnote. Pilih dan tandai kutipan yang ingin kalian beri footnote.
  • Klik bar References lalu pilih Insert Footnote.
  • Langkah selanjutnya, isi keterangan atau referensi yang kalian perlukan sesuai dengan kutipan kalian.
  • Untuk dapat membuat footnote lanjutan, kalian harus mengulangi terus langkah-langkah yang sudah kami jelaskan di yang sudah ada di atas. Lalu isi keterangan di catatan kaki yang baru dibuat.

Format Penulisan dan Contoh Footnote

Kamu wajib mencantumkan catatan kaki atau footnote dari kutipan yang bersumber dari internet, buku, makalah, skripsi dan sumber lainnya. Sebab, jika tidak dicantumkan kamu bisa dituduh melakukan plagiat.

1. Cara menulis footnote yang bersumber internet.

Format penulisan:

Nama Penulis, Judul tulisan dari internet , URL web, (tanggal dan waktu pengaksesan).

Contoh:

Andini Anissa, Cara Membuat Footnote Di Microsoft Word , http://www.infokomputer.org/cara-membuat-footnote-di-microsoft-word/, (diakses pada 21 Februari 2019, pukul 08.00).

2. Cara menulis footnote yang bersumber dari buku.

Format penulisan:

Nama, Judul Buku/Sumber, (Kota terbit: Penerbit, tahun terbit), nomor halaman.

Contoh:

Alisyahbana, Sutan Takdir. 1957. Sejarah Perjuangan dan Pertumbuhan Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Rakyat.

Jika buku ditulis oleh dua orang, maka semua nama harus ditulis, namun nama pengarang kedua tidak perlu kamu balik susunannya.

Joko, Amril dan Tri Ardian. 1998. Pedoman Membuat Website. Jakarta: Tanto Publishers.

3. Cara membuat footnote dari jurnal atau makalah

Format penulisan:

Nomor Kutipan Nama penulis, Judul artikel (dicetak miring), Nama jurnal Atau Majalah berserta volume dan nomornya, Tahun Penerbitan, Nomor halaman.

Contoh:

3Yahya Saputra, Kekerasan terhadap Wanita Dalam Hukum Islam , Asy-Syariah, Edisi 6, April 2016, hal. 15.

4. Cara membuat footnote dari skripsi / tesis / disertasi

Format penulisan:

Nomor kutipan Nama Penulis, Jenis karya tulis : judul karya tulis dicetak miring (Kota Terbit: Penerbit, Tahun Terbit), Halaman sumber kutipan.

Contoh:

4Michael Nasution, Skripsi: Propaganda Media dalam Pemilihan Umum di Negara Dududuu (Jakarta: Universitas ABCD, 2019), Hal 8.

Beberapa Hal Penting dalam Membuat Footnote

  • Footnote bisa diedit sesuai kebutuhan. Misalnya, ukuran huruf, cetak tebal, miring, dan garis bawah.

  • Kamu juga bisa mengubah warna footnote sesuai kebutuhan atau mengubah posisi footnote misalnya kiri ke kanan atau tengah.

  • Standar penulisan footnote berbeda-beda. Sebaiknya, kamu sesuaikan dengan syarat-syarat yang diminta.

    Sekian pembahasan mengenai cara mudah membuat footnote di Microsoft Word. Dibeberapa perguruan tinggi footnote sudah hampir tidak digunakan. Terlepas dari semua itu semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

    Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi manfaat dan membantu kalian dalam pengerjaan tugas kalian.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.